You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Enam Ketua RT Minta Pengerukan Kali Apuran Segera Dilakukan
.
photo Septradi Setiawan - Beritajakarta.id

Warga Minta Kali Apuran Dikeruk

Warga RW 03 Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, meminta kepada Dinas Tata Air DKI Jakarta untuk melakukan pengerukan Kali Apuran. Sedimen yang sudah mengendap lama, membuat volume air yang tertampung berkurang.

Semua warga di sini setuju kalau Kali Apuran segera dikeruk. Selain khawatir banjir, dampak lain yang dikeluhkan warga adalah bau sampah dan banyak nyamuk

"Semua warga di sini setuju kalau Kali Apuran segera dikeruk. Selain khawatir banjir, dampak lain yang dikeluhkan warga adalah bau sampah dan banyak nyamuk," ujar Mudasir, Ketua RT 07/03, Senin (26/10).

Mudasir mengatakan, wacana pengerukan Kali Apuran sempat disosialisasikan pada awal 2015 lalu. Kala itu, ia bersama ketua RT lain bahkan sempat menyetujui adanya pembongkaran rumah warga jika pemerintah berniat melebarkan aliran kali.

35 Ton Sampah Diangkut dari Saluran di Tanjung Priok

"Sudah setuju kalau nantinya digusur beberapa meter dari bibir kali untuk memperlebar. Yang penting rapi, tidak kumuh dan mobil pemadam bisa masuk. Soalnya di sini padat dan rawan kebakaran," katanya.

Sementara, Lurah Cengkareng Timur, Agus Mulyadi mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengirim surat pada Sudin Tata Air dan Sudin Bina Marga Jakarta Barat agar segera melakukan pengerukan dan pelebaran jalan di sekitar Kali Apuran.

"Kalau kelurahan sifatnya hanya menyampaikan saja apa yang menjadi keluhan warga, kan kita tidak punya wewenang sampai ke pengerukan. Makanya kita bersurat ke Sudin Tata Air dan Bina Marga, terakhir 2014. Tapi sampai sekarang belum juga ada respon," tandasnya.

Pantauan Beritajakarta.com, kali yang memiliki lebar sekitar lima meter itu terlihat kotor dan bau lantaran banyaknya sampah yang berserakan di kanan dan kirinya. Sedimen yang berada di aliran kali pun nampak sudah mulai padat, yang mengakibatkan pendangkalan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1141 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1016 personAldi Geri Lumban Tobing